Kamis, 21 Februari 2013

Berbagai Jenis Kandang untuk kelinci

Hal yang paling pertama kali di perlukan ketikan akan memulai budidaya, berternak atau memelihara kelinci adalah kandang. KELINCI. Kandang kelinci dalam peternakan kelinci adalah hal yang paling utama. Agar kelinci merasa seperti di surga kelinci maka kandang harus didesain senyaman mungkin. Ukuran kandang kelinci minimal adalah tiga kali dari ukuran kelinci paling tidak kandang dibuat agar kelinci dapat selonjoran karena kelinci paling suka selonjoran. Normal ukuran kandang kelinci adalah 60X50X40 cm untuk kelinci ukuran sedang, sedangkan untuk kelinci ukuran giant maka kandang yang dibuat juga menyesuaikan ukuran tubuh kelinci.

Kebersihan kandang dalam beternak kelinci adalah hal yang paling utama dalam ternak kelinci. jika kandang kotor maka kelinci akan mudah sekali terserang penyakit baik penyakit kulit atau mencret yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu sebaiknya alas kandang terbuat dari bambu yang dijajar sehingga kotoran kelinci dapat langsung jatuh ke bawah. Dalam menata bambu tidak boleh terlalu lebar karena kaki kelinci dapat terperosot dan terjepit sehingga kelinci mengalami cacat bahkan kematian. Selain menggunakan bambu alas kelinci juga dapat menggunakan kawat ram atau kawat strimin. Tetapi sebaiknya jika menggunakan kawat perlu diberi alas berupa kardus atau koran agar kelinci merasa nyaman karena kaki kelinci mengalami kesulitan dalam mencengkeram kawat.

Berikut adalah beberapa gambar dari peternakan kami yang sederhana yang berada di Tuban Jawa Timur. Tetapi masih banyak yang perlu diperbaiki karena kami adalah peternak kelinci pemula sehingga kami masih perlu belajar untuk bagaimana membuat kandang yang baik.

Kandang kelinci ini sangat cocok untuk jenis kelinci pedaging yang makanan utamanya rumput karena sudah diberi tempat untuk pakan rumput. tetapi untuk kelinci yang lebih banyak diberi makanan padat maka kandang ini sangat tidak cocok.


Suasana di dalam kandang kelinci

Kandang kelinci untuk kelinci hias yang ideal

Beban kandang yang berlebihan sehingga sebagian kelinci haris mengalah dan tidur dilantai
Kandang untuk anakan kelinci sapih dengan jarak penataan bambu lebih rapat agar kaki kelinci kecil tidak terjepit dan kelinci tak bisa berdiri dengan nyaman.
kalo kandang pavorit saya yang kayak begini :

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar

  1. Saya kepengen banget punya kelinci. Kira-kira bikin kandangnya dulu atau beli kelincinya dulu ya?

    BalasHapus
  2. haduh itu mah ga beda dengan penjara, coba buat kandang yang sesuai dengan perilaku kelinci yang penuh penasaran dan butuh kenyamanan... ada ruang untuk tidur, main dan turun naik di menyukai dua lantai, kebersihan dan lekukan belokan tempat dia bersembunyi

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 peternakan kelinci
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top